Seputar Balap superBike (WSBK)

Seputar Superbike
BRANDS HATCH MAKAN KORBAN NYAWA
Senin, 4 Agustus 2008 pukul 20:55:48 WIB
London, BOLASportsLine/bbc Dunia balap motor kembali dirundung duka. Salah satu pembalap terbaik asal Inggris, Craig Jones, akhirnya wafat akibat cedera parah yang ia derita pasca insiden kecelakaan saat pergelaran WSBK kelas Supersport di sirkuit Brands Hatch ahad kemarin.

Lomba kelas Supersport, yang sempat di start ulang, pada awalnya berjalan seru. Tiga pembalap–Jonathan Rea, Craig Jones, dan Andrew Pitt–bertarung sengit memperebutkan posisi pimpinan lomba. Dua pembalap tim Ten Kate Honda, Rea dan Pitt berpeluang besar memenangi lomba. Namun, pembalap lokal besutan tim Parkalgar Honda, Jones, berupaya keras meraih kemenangan pertamanya musim ini.

Bencana itu tiba di penghujung lap ke-7. Jones, yang saat itu sedang berada di posisi kedua, kehilangan kontrol motor Honda-nya di tikungan cepat Clark Curve. Akibatnya, roda belakang motor Jones kehilangan traksi dan ia pun terlepas dari motornya. Naas, Andrew Pitt yang berada tepat di belakang Jones tak mampu menghindar dan langsung melindas kepala Jones. Akibat insiden dramatis itu pengawas pertandingan langsung mengibarkan bendera merah tanda lomba dihentikan.

Jones yang tak sadarkan diri sempat menjalani perawatan di Clinica Mobile sebelum diterbangkan dengan helikopter ke Royal London Hospital. Sayang, tim medis rumah sakit gagal menyelamatkan nyawa Jones lantaran ia tiba di rumah sakit dalam kondisi yang sangat kritis. Jones, pembalap kelahiran Inggris 23 tahun lalu itu, dinyatakan meninggal Senin pagi waktu setempat akibat cedera kepala yang parah.

Sosok Jones sendiri cukup tenar di mata publik motorsport Inggris meski prestasinya beberapa tahun terakhir justru kian menurun. Momen terbaik Jones dicapai saat dikontrak tim Foggy Petronas Racing musim lomba 2006 lalu. Musim lalu ia gagal mendapatkan tempat di ajang Superbike dan terpaksa turun kelas ke Supersport.
Fajar Mutaqin A.

Dirilis Khusus untuk Superbike //KTM RC8

PERUSAHAAN motor asal Austria, KTM, telah merilis superbike pertamanya. Motor balap tersebut diberi nama KTM RC8. Motor ini digadang-gadang pembuatnya bisa masuk dalam ajang balap superbike.

KTM memang menyiapkan RC8 dengan matang. Bentuk tubuhnya dibuat aerodinamis dan sporty. Bobot kendaraan ini hanya mencapai 188 kg (414 lb). Jok kemudi yang ergonomis memiliki luas sebesar 805 mm (31.7 in) x 825 mm (32.5 in).

Untuk pemilihan warna, KTM memilih oranye. Tangki bahan bakarnya mampu menampung sebanyak 16,5 liter. Dalam keadaan penuh, kita dapat memakainya hingga jarak 200 km.

Sedikit turun ke bawah, fitur mewah akan diberikan KTM untuk RC8. Motor yang mengenakan sistem 6 transmisi ini tergolong 4-tak. Dengan susunan mesin V-twin 75 derajat, motor ini dapat berlari hingga 1.148 cc. Motor yang memiliki 4 valve per cylinder DOHC ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin.

Dengan kualitas yang disajikan, RC8 dapat menghasilkan tenaga hingga 113 kW atau sekitar 152 hp. Tiap kali bergerak hingga 8.000 rpm, motor ini dapat menghasilkan torsi hingga 120 N•m 88.5 ft lbf. Pada kaki-kakinya, berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan juga diimbuhkan.

Sistem suspensi WP selebar 43 mm dijejalkan di bagian depannya. Sedangkan WP Monoshock terpasang pada bagian tengah motor. Motor ini memakai velg berukuran 17 inci. Pelindungnya terbuat dari bahan kulit berukuran 120/70 ZR 17 dan 190/55 ZR 17.

Dengan jarak sumbu roda 1.430 mm, RC8 dapat dengan lincah menjelajahi jalanan. Tapi, kita tidak perlu takut akan terjadi selip. Sistem keamanan yang terjamin diberikan di sini.

Pada bagian depannya, Brembo memasang empat piston. Besar disc brake yang dipakai berukuran 320 mm. Sedangkan belakangnya mengenakan Brembo dengan dua piston yang memiliki lebar disc brake 220 mm. (jawapos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: